Formula Field dengan fungsi ‘IF’ pada Crystal Report

Baca Juga

Pada Artikel terdahulu saya telah menuliskan bagaimana menuliskan/menambahkan Formula Field ke dalam Crystal Report, bagi yang belum membaca ada baiknya Anda dapat membacanya disini atau menyimaknya di blog ini.
Sebenarnya dalam pemrograman ada beberapa hal yang harus dikuasai mulai dari yang sederhana seperti operasi penjumlahan, perkalian, perpangkatan, sampai pada operasi yang membutuhkan berbagai Logika yang sangat rumit.
Salah satu fungsi logika yang biasa kita temui adalah fungsi ‘IF’. Dalam Crystal Report fungsi ini juga disediakan, sehingga kita tidak perlu khawatir apabila akan membuat sebuah Report diharuskan menggunakan fungsi ‘IF’

Kemudian bagaimanakah cara penggunaannya???

Sebagai contoh kita akan menyelesaikna kasus seperti dalam potongan report dibawah ini :


Report diatas diharuskan untuk dapat menampilkan berapa diskon untuk masing-masing orang dengan kriteria Pangkat orang yang bersangkutan. Misalnya untuk “Peltu” dapat diskon 5%, untuk “II / D” dapat diskon 6.5% dan yang lain dapat diskon 7%.

1. Pilih Menu : Insert >> Field Object… , kemudian muncul jendela Field Explorer
2. klik kanan pada Formula Field:, kemudian pilih New …
3. Tulis Nama Formula Field yang baru dengan nama tertentu misalnya : “Diskon”
4. Kemudian muncul Jendela Formula Editor, disinilah nanti akan memasukkan “formula” tertentu untuk menampilkan Diskon Penjualan.

MENULIS FUNGSI “IF” DALAM FORMULA EDITOR

Formula di tuliskan di Text area, untuk diskon penjualan yang merupakan logika dengan kriteria pangkat anggota rumusnya adalah sebagai berikut :

Pada Operator Tree buka (expand) pada Control Structures, kemudian double-click pada if x then y else z

Sehingga pada text area kita dapati rumus seperti ini :

if   then else

Untuk menyelesaikan kasus diatas dapat menggunakan rumus ini:


if {t-penjualan.pangkat}='Peltu' then 5/100*{@TOTAL} else
if {t-penjualan.pangkat}='II / D' then 6.5/100*{@TOTAL} else 7/100*{@TOTAL}
Setelah selesai menuliskan rumus/formula, jangan lupa disimpan dan tutup jendela Formula editor, hasil Forrmula Field yang baru dapat dilihat dalam Field Explorer.
Untuk menambahkannya ke dalam report, cukup di DRAG/ diseret ke tempat yang kita inginkan dalam sebuah report. Sehingga hasilnya dapat dilihat seperti dibawah ini :


Semoga Bermanfaat. 

Link Download :

Artikel.doc
Contoh Report.rar


Link Download Baru :

Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

12 Tanggapan

wah master VB nie kyknya
mohon bimbingannya om

Klo untuk fungsi string ( left, mid, ...)cth : left({dataSorting.NAMA},2 )
gmn ya? koq muncul pesan "the special variable 'Formula' must be asigned a value within the fromula"?

Thanks commentnya sobat.

Coba dulu lihat di toolbar bagian kanan ada pilihan (combo) 'crystal syntax' dan 'basic syntax', kemungkinan rumus yang sobat tuliskan diatas pada pilihan 'basic syntax' sehingga muncul tulisan diatas, coba ubah terlebih dahulu ke 'crystal syntax'. itu cara yang paling mudah dilakukan. trm kasih

tanya mas, jd klo mencari grand total discon seluruhnya gmn?

Tinggal klik pada discon, kemudian pilih menu -- insert -- Grand Total.

tanya gan... kalau fungsi IF dan fungsi AND di Cystal report bisa di gabung ga? caranya gimana? Contoh jika nilai A lebih besar dari B dan lebih kecil dari C maka hasil "NORMAL", selainnya "TIDAK NORMAL", rumusnya gmn gan..??

maaf baru sempet buka blog dan balas komennya, bisa mas, segera saya postingkan caranya.

klo menampilkan jumlah laki-laki & perempuan gimana
caranya?

Kalau dari beberapa sub total kita mau menjumlahkan menjadi satu grand total caranya bagaimana? Masalah saya ada 3 grand total yang mau dijumlahkan, ketika di jumlahkan satu grand total saja, hasilnya kok juga muncul di dua grand total lainnya. Padahal masing-masing grand total tentu berbeda jumlahnya. Bagaimana ini?

Numpang tanya, jika dalam satu baris ada bilangan yg negatif bagaimana caranya ya supaya bilangan negatif tsbt tidak menghitung sebagai faktor pengurang di grand totalnya ya? Terima kasih

bisa di akali dengan membuat Formula Field yang mana bila nilai field tersebut negatif maka nilai Formula fieldnya 0, kemudian grand Totalnya mengambil dari Formula Fieldnya bukan dari fieldnya


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut