Koneksi Database MySQL dengan VB 6.0 (2)

Baca Juga


Melanjutkan tulisan saya sebelumnya, saya akan memulai bagaimana koneksi database MySQL yang telah dibuat dengan Visual Basic 6.0, tentunya agar dapat digunakan untuk membangun aplikasi yang lebih user friendly.

Sebelumnya kita memerlukan driver untuk koneksinya, yaitu mysql-connector-odbc-3.51.27-win32, atau dengan versi-versi yang lain. Tanpa driver ini database MySQL tidak akan bisa dikoneksikan dengan visual basic 6.0 maupun program/aplikasi lain. Anda dapat unduh filenya gratis disini. kemudian install file executablenya sampai selesai.


Membuat DSN (Data Source Name)

Tidak seperti koneksi VB 6 dengan microsoft Access yang dapat langsung mengakses file tertentu, untuk koneksi ke database MySQL diperlukan DSN, dimana langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut :
  1. Klik Start Menu >> Control Panel 
  2. Double Klik Administrative Tools 
  3. Double Klik Data Sources (ODBC), sehingga muncul jendela ODBC Data Source Administrator
  4. Pada tab user DSN atau System DSN, klik Add ... , sehingga muncul jendela create new data source
  5. Cari di List "MySQL 3.51 ODBC Driver", pilih kemudian klik Finish
  6. Kemudian muncul jendela connector/ODBC 3.51.xx - Add Data Source
  7. Pada tab login, isikan isian-isian sebagai berikut :

  • Data Source Name, isi dengan nama bebas (-yang mudah diingat-), misalnya : "myodbc"
  • Description, boleh tidak diisi
  • Server, isi dengan "localhost"
  • user, isi dengan root untuk yang belum membuat user di database MySQl-nya
  • Password, diisi jika user menggunakan password
  • Database, pilih database dari list yang ada, misalnya : "inventory"
  • Jika diperlukan klik tombol Test
  • Akhiri dengan tombol OK














Jika pembuatan DSN berhasil akan muncul didaftar User DSN/System DSN, dengan nama sesuai dengan Data Source Name yang dibuat sebelumnya (-misal : "myodbc"-).
















Sampai disini pembuatan DSN telah selesai dan siap untuk dikoneksikan dengan Visual Basic 6.0, Tetapi maaf untuk pengaturan koneksi dengan visual basicnya (coding, component yang diperlukan) akan saya sajikan di tulisan saya selanjutnya.

Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

5 Tanggapan

Alo, salam knal,,, gua msi newbie nih,,,
Gua mau naya, gmna cra pke leap ?
Gua da lpa cra pkek nya,,,, gua mau buat, caption dari form gua gerak,,,

Saya jg newbie kog mas, tapi mungkin saya dapat sedikit bantu, untuk optimalisasi penggunaan label mas dapat baca artikel saya di-link ini : [link], atau dapat kunjungi link ini : [Link], untuk animasi label dengan berbagai macam gaya.
semoga bisa membantu.

oOo, thx,,,
Gua sih biasa nya buat label brgrak pke timer, tpi skrang lgi cba inovasi baru,,, lgi blajar, biar tambah kren program gua,,,

Ok mas, sama-sama, terima kasih masukannya. Semoga berhasil buat animasi labelnya. Suatu saat boleh donk codenya di submit ke sini... he3.

ok deh, tar skali2 gua tlis dsni, cma skrang program animasi nya msi panjang, msi manual,,,
Tar klo da gua pendek in, bru gua tlis,,,
Gua ad program, games tebak angka(sderhana aj) sma program persamaan linier(buat anak sekolahan), cma gak bsa gua upload, soal nya gua pke hp,,,he2,,,

O y mau naya nih, emang sql bsa jdi sarang virus y ?
Soal nya tmen gua blang, dalam sql kan ad banyak database, jdi dia bsa sembunyi di sna,,,
Soal nya gua ad instal sql buat, maen audi offline,,,


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut