Cara Menggunakan DbList dan DBCombo

Baca Juga

Pada Tulisan sebelumnya saya membahas tentang dataList dan dataCombo, kedua komponen tersebut hanya support dengan Adodc, bagi yang menggunakan koneksi database dengan DATAcontrol dapat menggantinya dengan DBList dan DBCombo

Nah berikut cara penggunaannya :

Komponen yang perlu ditambahkan :
  • Sebelumnya tambahkan komponen Microsoft Data Bound List Controls 6.0 (OLE DB), caranya lewat menu--  Project-- Component ...  atau tekan  CTRL + T
  • Sehingga dalam ToolBox muncul : 

Penggunaan DataList dan DataCombo untuk menampilkan data dengan mengatur Properties
Langkah-langkahnya sama dengan setting properties pada dataList dan dataCombo

Penggunaan DataList dan DataCombo untuk menampilkan data  dengan "coding"
Jika dirasa setting properties diatas cukup rumit, masukkan code-code dibawah ini ke dalam jendela coding Anda sebagai penggantinya :
Sub Form_Load()
Dim dbcon As String
Data1.DatabaseName = App.Path + "\db1.mdb
Data1.RecordSource="books"
Data1.RecordsetType = 1
Set DbList1.RowSource = Data1
DbList1.ListField = "author"
Set DbCombo1.RowSource = Data1
DbCombo1.ListField = "category"
End Sub

Event pada DbList yang biasa digunakan adalah event Click sedangkan untuk DbCombo adalah event Change.

Demikian dan terimakasih, semoga bermanfaat!

Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

2 Tanggapan

Gan mohon bantuannya cara menyimpan inputan listbox ke database, saya menggunakan database SQL Server.
makasih sudah bisa share ilmunya..

gan mau minta tolong.. sy sedang iseng2 buat program multimedia untuk pembelajaran program nya sdh oke tapi ada sedikit yg saya ingin rubah.. yaitu sewaktu saya memanggil database nya untuk di tampilkan di listbox.. saya ingin hanya 10 list data saja di tampilkan dan jika saya klik commad buton (next) maka dia akan menampilkan 10 list data berikut nya.. itu caranya gimana ya gan.. sebelumnya makasih banyak


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut