Perpaduan MsgBox + Help (bantuan program) dengan file chm

Baca Juga

Sudah menjadi hal biasa jika menggunakan Msgbox alias kotak pesan sebagai pelengkap aplikasi yang dibuat. Tetapi bukan hal yang biasa kita memadukan antara msgbox dengan file bantuan/help. Dengan menggunakan help pada msgbox ini, bantuan dapat dimunculkan pada saat yang tepat, saat pengguna memang sedang mengalami kesulitan atau memerlukan petunjuk, karena bantuan akan diarahkan langsung kehalaman bantuan sesuai dengan permasalahannya.


Sebelum dapat menerapkannya ke vb6, anda harus membuat file chm, entahlah apa sebenarnya file chm itu hehehe... , penampakannya seperti gambar dibawah ini :



Bagaimana membuat file chm ini?
Sebelumnya Anda perlu mengunduh softwarenya disini : http://www.softany.com/winchm/index.htm, (trial 15 hari) atau cari yang bajakan di 4shared dengan kata kunci WinCHM, install dan jalankan program.

Ini contohnya :


Buat sesuai keinginan Anda, edit textnya pada bilah edit, dan perhatikan bilah (tab) topic option, pada kotak context ... , karena angka yang berada dikotak itu yang akan dipakai dalam coding di vb6 nanti.

 

Setelah semua selesai, pilih menu -- project -- Build Preoject, kemudian muncul jendela :


 

Ikuti langkah-langkah seperti gambar diatas dan tunggu hasilnya. Bila tidak ada masalah hasilnya dapat dilihat di lokasi sesuai yang Anda masukkan pada langkah ke-2. Sampai disini sudah selesai membuat file chm-nya.

 

Untuk membukanya melalui coding vb6 yang dipadukan dengan msgbox dapat Anda simak di posting selanjutnya.
Semoga bermanfaat.

Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut