Tabel master dan tabel detail (Tanya Code)

Baca Juga

Anda Bertanya Kami Menjawab, kalau bisa hehehe... 

Tanya : 

Met siang om.... tolong dong om bantuin aku. aku mau buat tampilan di form itu ada datagrid1(Tpembelian) dan datagrid2(TPembelian_D) conect ke tabel aku pakai adodc. nie ket: 

TPembelian(nofaktur,kdbrg,nmbrg,qty) , TPembelian_D(kdbrg,nmbrg,qty) dan udah aku relasikan kdbrg-kdbrg. 

ex : Tpembelian aku input kdbrg=01 nmbrg=makan , kdbrg=02 nmbrg=minum. yang aku mau saat aku pilih di datagrid1 kdbrg=01 itu yang muncul di datagrid2 munculnya nmbrg=makan aja dst. gimana ya om koding dan yang perlu di butuhkan? 

dari : gun10***@gmail.com
2 Jan 2012

Jawab :

Maaf mas Gun baru buka email kemarin, mungkin yang dimaksud mas Gun adalah tabel master (tabel barang) dan tabel detail (tabel pembelian), ketika kode barang pada tabel barang diklik, maka yang akan tampil pada tabel pembelian adalah pembelian dengan kode barang itu saja.

Berikut coding yang perlu ditambahkan, sebelumnya tambahkan dua buah adodc dan dua buah datagrid kedalam sebuah form, kemudian tambahkan coding dibawah ini ke jendela codingnya :
Private Sub Command1_Click()
Unload Me
End Sub

Private Sub DataGrid1_Click()
Adodc2.RecordSource = "select * from beli where kodebarang='" + DataGrid1.Columns(0).Text  + "'"
Adodc2.Refresh
DataGrid2.Refresh
End Sub

Private Sub Form_Load()
Adodc1.ConnectionString = "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;" + _
                          "Data Source=" + App.Path + "\beli.mdb;Persist Security Info=False"
Adodc2.ConnectionString = "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;" + _
                          "Data Source=" + App.Path + "\beli.mdb;Persist Security Info=False"
                       
Adodc1.RecordSource = "barang"
Adodc1.Refresh
DataGrid1.Refresh
End Sub
Penampakan : 



Terima kasih.



Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

5 Tanggapan

sebelumnya makasih om,akan aku coba dulu.

mas cara mindah data yang ada di datagrid1 ke datagrid2 dalam 1 form gimana caranya ya?
tlg kirim ke (chamid_geovani@yahoo.co.id)
mksh bgt..

sudah saya posting disini --- http://www.vbjadul.net/2012/02/pindah-data-antar-datagrid-tanya-jawab.html

Saya jg mau tanya om dengan pertanyaan yg sm yg ditanyakan TS tp disni saya menggunakan Listview.
Listview1 adalah Tabel Penjualan.
Listview2 adalah Tabel Detail.
Di Tabel Penjualan ada: NoNota, TglNota, TotalBayar, Cash, Kembali, UserID, NamaKonsumen.

Di Tabel Detail ada: NoNota, KodeBrg, HrgJual, JumlahJual, Subtotal.

saya ingin pada field KodeBrg yg mncl ada Nama Barang nya.

Pliss dibntu om udah puyeng nih :D


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut