Pindah data antar DataGrid (Tanya Code)

Baca Juga

Tanya :
mas cara mindah data yang ada di datagrid1 ke datagrid2 dalam 1 form gimana caranya ya?
cha***_geo****@yahoo.co.id

Jawab :
Prinsipnya saya tidak bisa memindahkan data antar datagrid, mungkin bila ada pembaca yang bisa, dapat di share di sini. :D

Datagrid hanya bertugas untuk menampilkan data. mungkin secara teori pemindahan tersebut dengan  langkah-langkah sebagai berikut :
1. Menyiapkan dua buah datagrid yang masing-masing memiliki sumber data (tabel dari database)
2. Menampilkan data kedalam datagrid 1
3. Mengambil nilai dari datagrid 1 untuk di simpan ke datagrid 2 
4. Menampilkan data ke dalam datagrid 2

Langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut :
  • Tambahkan 2 buah Datagrid dan 4 buah command ke dalam form, susun seperti gambar di bawah ini

  • Kemudian copy pastekan semua code dibawa ini ke jendela code Form1
Private Sub Command1_Click()con.Execute "INSERT INTO TbayarTemp (no_invoice,kode_supplier,nama_supplier,jumlah) " & _
"VALUES ('" & DataGrid1.Columns(0).Value & "','" & _
DataGrid1.Columns(1).Value & "','" & _
DataGrid1.Columns(2).Value & "','" & _
DataGrid1.Columns(3).Value & "')"
Set rs1 = New ADODB.Recordset
rs1.CursorLocation = adUseClient
rs1.Open "select * from tbayartemp", con
Set DataGrid2.DataSource = rs1
DataGrid2.Columns(4).Alignment = dbgRight
DataGrid2.Refresh
End Sub
Private Sub Command2_Click()con.Execute "DELETE * from tbayartemp"
Do Until rs.EOF
con.Execute "INSERT INTO TbayarTemp (no_invoice,kode_supplier,nama_supplier,jumlah) " & _
"VALUES ('" & DataGrid1.Columns(0).Value & "','" & _
DataGrid1.Columns(1).Value & "','" & _
DataGrid1.Columns(2).Value & "','" & _
DataGrid1.Columns(3).Value & "')"
rs.MoveNext
Loop
Set rs1 = New ADODB.Recordset
rs1.CursorLocation = adUseClient
rs1.Open "select * from tbayartemp", con
Set DataGrid2.DataSource = rs1
DataGrid2.Refresh
End Sub

Private Sub Command3_Click()con.Execute "DELETE * from tbayartemp"
Set rs1 = New ADODB.Recordset
rs1.CursorLocation = adUseClient
rs1.Open "select * from tbayartemp", con
Set DataGrid2.DataSource = rs1
DataGrid2.Columns(4).Alignment = dbgRight
DataGrid2.Refresh
'rs1.Close
End Sub


Private Sub Command4_Click()End
End Sub


Private Sub Form_Load()Connects
Set rs = New ADODB.Recordset
rs.CursorLocation = adUseClient
rs.Open "select * from Qutang", con
Set DataGrid1.DataSource = rs
DataGrid1.Columns(3).Alignment = dbgRight
'DataGrid1.Columns(3).NumberFormat = "#,###"
DataGrid1.Refresh
con.Execute "DELETE * from tbayartemp"
Set rs1 = New ADODB.Recordset
rs1.CursorLocation = adUseClient
rs1.Open "select * from tbayartemp", con
Set DataGrid2.DataSource = rs1
DataGrid2.Columns(4).Alignment = dbgRight
DataGrid2.Refresh
'rs1.Close
End Sub



Screen Shot


Source Code

http://www.ziddu.com/download/18676224/pindahdatagrid.rar.html

LINK BARU :


Semoga bisa membantu.

Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

22 Tanggapan

ok mksh mas, akan sy coba dlu...

ini td sudah saya coba, ternyata tdk spt yg sy harapkan, hehe, tp bergunalah untuk refrensi, mksh bgt.
tlg y mas nek bisa memindahkan data antar datagrid bisa di share, matur suwun

kalau mas punya contoh source codenya di email saja ke saya siapa tahu saya bisa bantu. :)

tetap Semangad hehe...

ok mas, ksh alamat emeilmu, nnt langsung tak krimi, mksh bgt.

dah tak kirim mas, smg ja alamatnya gak nyasar, hehe
tlg mas ya, mksh bgt..!

gimana mas tak tunggu lho..! tlg bgt mas.! bls krim d email.!

Amazing Post Thanks for sharing this information which is useful for all.

php web development

@bojan : sdh saya email balik. TQ
@Neesa Technologies : Thaks for visit :)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

salam sukses, mau tanya ne mas admin atau para pakar vb ne,contohnya pada saat saya input data dari textbox angka 0,1(baca nol koma satu) atau 0,5 maka di datagrid di bulatkan keatas atau ke bawah seperti 0,1 berubah menjadi 0 dan 0,5 menjadi 1. yg saya mau tetap seperti aslinya jika saya input misal 0,9 ya pada datagrid tetep 0,9.
NB: sudah saya coba utak atik di propertis datagrid dan pada database juga tidak bisa.mohon pencerahanya .trimakasih byk sebelumnya

coba cek regional settingnya juga, saya biasa menggunakan tipe field double pada databasenya. terima kasih.

makasi sudah di tanggapi. sudah saya coba pake double,int seperti saran mas admin masih tetep di bulatkan, mungkin ada cara yg lain mas atau di manipulasi mungkin. datagrid saya mirip sama yg mas posting di atas ada 2 datagrid cuma tambah textbox utk input ke datagrid tersebut. saya pake database access 2007. mohon pencerahanya,maaf ngrepotin mas admin ne. terimakasih byk sebelumnya

trimakasih mas. sudah saya coba yg mas upload tapi masih sama ketika input lsg di bulatkan. klo di accessnya sudah mau tapi yg di vb nya masih dak mau waktu input ke datagridnya. mungkin bisa di deklarasikan. trims :)

Sepertinya tdk ada deklarasi khusus mas, cuma masalah formatnya saja, coba di format datagridnya (-bisa dilakukan untuk yang menggunakan adodc, dengan me-retrive filed sebelum mengatur propertiesnya-)per field melalui properties datagridnya. atau diformat melalui code, misalnya :

datagrid1(1).NumberFormat = "###,##0.##"
datagrid1.refresh

maaf kl saya g bs bantu. :(

makasi banyak atas waktunya... akan saya cba dlu salam :)

gan klw mw input data dari datagrid gimana ya
ane udah coba cuman hanya baris pertama yang masuk
untuk perulangannya gimana ya gan
mohon petunjuk

contoh perulangan misal menggunakan adodc untuk data source datagridnya :

adodc1.recordset.movefirst
do until adodc1.recordset.EOF
' masukkan code simpannya disini
adodc1.recordset.movenext
loop

gan mau nanya ne kenapa ya pas data di input dan disimpan itu data tidak langsung masuk ke database tapi di dataGrid nya uda tamoil.jika form di tutup baru itu data bisa masuk ke database nya,padahal adodc ama datagrid nya uda di refresh..tolong dong bantuannya saya menngunakan acces 2003 untuk database nya.

coba pake koneksi dengan ADODB saja gan.

mas kok kaga bisa didownload yah?

Mohon Maaf untuk file yang saya simpan di Ziddu semuanya tidak dapat diakses. karena kelalaian saya beberapa waktu tidak mengakses akun saya di ziddu, sehingga akun ziddu beserta isinya hilang. Apabila file tersebut masih ada di hardisk akan saya coba upload lagi. Terima kasih.


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut