Koneksi MySQL - online dengan bantuan DSN - ODBC

Baca Juga

Beberapa waktu yang lalu saya masih penasaran untuk meng-koneksi-kan vb 6.0 dengan database mysql secara online, setelah beberapa kali googling saya mendapatkan jawaban yang memuaskan di link ini [http://slavara0713.blogspot.com/2010/07/cara-koneksi-ke-mysql-database-online.html], setelah saya coba pun berhasil, pokoknya recommended dah ..., tapi kemudian saya bingung, karena selain koneksi dengan vb 6.0 saya juga ingin mengkoneksikan dengan Crystal Report, padahal saya belum pernah bisa koneksi database dengan Crystal report menggunakan code.

Akhirnya saya mencoba cara manual menggunakan DSN - ODBC. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :
- Install connector mysql 3.51
- Jika belum punya, download di link ini : [http://dev.mysql.com/downloads/connector/odbc/3.51.html]
- Buat koneksi ODBC dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Start >> contorl panel
2. ganti view by yang semula 'category', menjadi 'small icon'
3. Pilih Administrative Tools


4. Pilih Data Source (ODBC)


5. Pilih tab System DSN, dan kemudian klik Add ...


6. Pilih MySQL ODBC 3.51 Driver, dan klik Finish


7. Pilih tab connect option, dan isi port dengan '3306' 
    atau angka yang lain sesuai dengan port server MySQLnya


8. Pilih tab Login, gambar dibawah ini adalah contoh pengisian pada tab tersebut,


9. klik test untuk memastikan koneksi telah tersambung, akhiri dengan tombol Ok. Selesai.



*) Sebagai contoh silakan kunjungi link ini : [http://www.freemysql.net/client/], gunakan user : latihsql dan password : 123456, untuk masuk



Setelah berhasil masuk, klik pada link nama host/server seperti gambar dibawah ini, kenudian gunakan user dan password yang sama pada halaman login adminer.


Berikut adalah tampilan database adminnya :



Demikian Selamat mencoba, untuk koneksi ke VB 6.0 -nya saya tulis pada link di bawah ini :
[Koneksi database MySQL online dengan Visual Basic 6.0]


Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

6 Tanggapan

cara membuat database baru di freemysql gmn?

tutorialnya donk...

aq eror mulu,
yg slh aq at koneksi internetnya

Mungkin koneksi internetnya, mungkin juga koneksi dengan ODBC-nya. memang tidak direkomendasikan menggunakan cara ini dengan koneksi yang tidak bagus. Saya juga pernah coba dikantor yang koneksinya lumayan bagus, ternyata juga sama saja, kadang berhasil kadang tidak. Sebatas pengetahuan saja, kalau ingin menggunakan database online sebaiknya menggunakan php saja.. hehehe.


Untuk tutorial membuat database di freemysql-nya, ditunggu ya! :)

Terima kasih atas kunjungannya.

mas sy sudah nyoba dah bisa menampilkan data yg ada di freemysql, namun saat sy pengen masukan data dari program yg sy buat selalu gagal dan ada pesan "lost connection to mysql server during query"
tlg bantuannya, mksh.

memang seperti itu mas. kadang bisa-kadang tidak. hehe.. maaf mas kalau sdh ke teknis koneksi saya tdk bisa bantu. :)

gan cara buat databasenya gimana,, kok ga bisa terus,,

gimana caranya klo koneksi crystal report dengan programatik, maksud saya settingnya dengan coding, tidak lewat administration tools


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut