Membuat Daftar ' JUMLAH DIPINDAHKAN' pada Crystall Report 8.5 dan vb 6.0

Baca Juga

Sebenarnya saya ragu-ragu untuk posting tentang hal ini, karena saya hanya main-main saja dan prinsipnya Crystall Report tidak dapat menampilkan "JUMLAH DIPINDAHKAN" pada setiap halaman reportnya. Hal itu dikarenakan section page footer atau page header tidak dapat disusupi field summarize seperti sum, count dan lain-lain.

Tetapi saya tidak menyerah ... hehehe. Setelah saya coba-coba ternyata kita dapat memindahkan record dengan kriteria tertentu ke halaman berikutnya tanpa harus menunggu halaman penuh.

Berangkat dari kejadian tersebut, akhirnya saya ambil jalan pintas dengan menggunakan bantuan coding di vb 6.0. Yuph... saya tidak menggunakan tabel asli melainkan hanya tabel bantuan / tabel sementara / tabel temporary, tabel bantuan inilah yang kemudian saya gunakan untuk memindahkan / menyalin isi tabel asli , baru kemudian saya tampilkan pada Crystall Report.

Saat proses pemindahan / penyalinannya, pada record ke tertentu saya sisipkan record 'istimewa' yaitu record yang memuat "JUMLAH DIPINDAHKAN", kemudian record yang memuat "JUMLAH Pindahan, demikian seterusnya berlaku untuk kellipatannya. Dan di akhir record saya tutup dengan record yang memuat "JUMLAH".

Screenshoot

1. Desain Form :




2. Tampilan Report :






Modifikasi yang diperlukan pada crystal reportnya.

1. Klik Tab Design, klik kanan pada section details dan pilih Format section ...

 2. Ikuti langkah-langkah pada gambar :)



Kalau tambah bingung langsung saja download source codenya pada link di bawah ini :

Semoga bermanfaat !


Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

1 Tanggapan:

terimakasih banyak mas atas ilmunya.. salam.. :)


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut