Koneksi DAO dengan VB6 pakai coding

Baca Juga

Yah mungkin bahasan ini sudah bener-bener basi tapi nggak ada salahnya kan kita sedikit mengulang, biar ngelothok (-kata orang jawa-). coz DAO ini memang jadul banget, dia adalah database bawaan VB6, sekarang jamannya ADO men, tapi nggak papa ya buat nginget-nginget aja.
Untuk edisi kali ini hanya bagaimana cara koneksinya saja ke program, dengan coding, untuk artikel mendatang kalau nggak ada halangan melintang akan saya bahas lebih lengkap mengenai DAO ini. OK.

Langkah pertama tentunya buka VBnya dunk, next kita pergi ke menu-reference dan cari Microsoft DAO 3.6 Object Library, centang, dan OK. project kita sudah siap sekarang untuk menerima coding DAO, atau biasanya secara default sudah terinstall di project baru, tapi nggak ada salahnya kita ngecek lagi.

kalau sudah, sekarang masuk ke jendela codingnya, atau double-click formnya, nah pada sub form_load() copy dan paste saja code ini :

   Dim db As DAO.Database 
   'deklarasi/pengenalan ke program bahwa db adalah database DAO

   Set db = DBEngine.OpenDatabase("c:\jadoel.mdb")
   db.Close

O iya yang ditandai warna merah adalah nama database, ganti saja dengan path (lokasi) database yang anda punya (tapi formatnya Databasenya Access (*.mdb) dan sebelum 2000), untuk yang format 2000 silakan tanya mas Titan saja ya.
jadi selengkapnya begini :

sub form_load()
   Dim db As DAO.Database

   Set db = DBEngine.OpenDatabase("c:\jadoel.mdb")
   db.Close
end sub
DAO dapat juga digunakan untuk membuka database external seperti excel , caranya adalah sebagai berikut :
sub form_load()
   Dim db As DAO.Database

   Set db = DBEngine.OpenDatabase("c:\jadoel.xls", _
      False, False, "Excel 8.0;") 
   'ganti text berwarna merah dengan nama file excel anda 

   db.Close
end sub
Perlu diingat file excelnya harus berupa tabel yang teratur ya, jangan yang amburadul ...
Nah gimana sudah bisa to, he2 saya juga belum nyoba ding ... kapan-kapan tak sertakan file projectnya... met nyoba-nyoba semoga nggak debag - debug.

Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

1 Tanggapan:

Siap Mas Nti Tak Link kan,, tapi Ne q agak trouble dengan Image VB,, Gak mau muncul di blogq,, nti template q tak up grade dulu ke xml,, ne masih pake HTML jadi agak sulit mesti ngutik2 coding,, hehehe,, thanx mas


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut