Mengganti icon EXE Visual Basic 6.0 (Vb6)

Baca Juga

Bosan dengan icon bawaan VB saat kita compile program kita jadi namaprogram.exe, kenapa gak ganti aja dengan icon racikan sendiri?, mau tau caranya, sangat sederhana dan mudah dimengerti.

Langkah pertama tentunya buat icon terlebih dahulu atau cari aja di internet banyak kok. Nah Visual Basic 6.0 hanya mau menerima icon (*.ico,*.cur) dengan kualitas 256 color ke bawah (maklum program jadul).

Sebagai contoh saya akan memakai icon ini :

Selanjutnya buka projectnya dan buka salah satu form, cari di jendela properties 'icon'


klick tombol browse (...)


Nah lihat perubahan yang terjadi pada form kita,



Langkah selanjutnya adalah mengubah icon default program kita, klick menu-Project-nama project Properties.

kemudian muncul jendela,



Pilih tab 'make', kemudian pada pilihan icon, pilih form yang telah kita ubah iconnya tadi, sehingga gambar disampingnya berubah seperti icon yang telah kita masukkan sebelumnya pada form yang kita maksud.

Sekarang, bagaimana melihat hasilnya? yah langkah terakhir adalh meng-compile program kita dengan cara :
klick menu-file-make namaproject.exe, kemudian muncul jendela


simpan sesuai kehendak kita dan boleh merubah namanya (secara otomatis program akan meminta untuk menyimpannya di path yang sama dengan path projectnya (jika project sudah disimpan), jadi baiknya langsung klick OK aja untuk menghemat waktu), nah setelah beberapa saat compile programpun selesai.

sekarang buka explorer dan cari dimana program yang kita compile tadi dan tara ....



Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

13 Tanggapan

Aslm..
kalo nyari icon yang kaya gitu dmn ya..?
bisa minta linknya..?
syukran wslm..

terima kasih ats informasinya..
tapi saya pengen buat icon sendiri gimana yua caranya..

klo die g mw karna eror gimana tuh

Mas Brow, Saya mau tanya.. Kalo mau buat aplikasi vb.6 menggunakan ADODB pas di run gak bisa, malah muncul pesan user undifined.. itu kenapa Mas Brow?

mungkin databasenya dipassword.?

pake database apa mas/mbak?

mas icon yg warna-warna doang itu ukurannya brp?
16x16?

ARtikelnya sangat bermanfaat buat saya

http://materikuliahjuni.blogspot.com/

bro di pnya saya kok gak bisa ya ???

kta nya invalid picture, padahal saya gunakan .ico

kira2 apa yang salah ya ??

apa karena saya gunakan VB6 yang portable ??

klw ada solusi kirim ke email saya donk om fernan.situmorang@gmail.com
terimakasi

Kalau invalid picture berarti vb6 g mampu mendukung icon itu gan, solusinya gunakan icon dengan kualitas lebih rendah 256 color kebawah seperti saya tulis diatas. Trm kasih.

Thank you admin, tutorialnya sangat membantu....

Kalau hasil compile dengan icon, tidak bisa dibuka di pc lain, itu kenapa ya.
Apa yang harus diinstall. Sedangkan hasil compile tanpa icon, pakai icon standar lancar2 jaya. Kalau di pc yang ada visual basicnya bisa running keduanya.


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut