Memilih Printer untuk mencetak Report dengan Crystal Report Control (2)

Baca Juga


Pada tulisan sebelumnya saya telah menyampaikan bagaimana menampilkan kotak dialog printer sebelum mencetak report ke printer tujuan. Untuk tulisan kali ini agak sedikit berbeda untuk cara mencetak report-nya, yaitu dengan menampilkannya dulu (print preview-) sebelum di cetak ke printer tujuan.



Untuk dapat memilih printer yang mana yang akan digunakan untuk mencetak report, diperlukan beberapa baris code untuk memunculkan button setup printer pada toolbar print preview report. Code-code tersebut adalah sebagai berikut :

Private Sub Command2_Click()
On Error Resume Next
Crt1.Reset
Crt1.Destination = crptToWindow
Crt1.ReportFileName = "C:\Data\Report.rpt"
'SelectionFormula
Crt1.WindowState = crptMaximized
Crt1.WindowShowPrintBtn = True
Crt1.WindowShowPrintSetupBtn = True
Crt1.WindowShowRefreshBtn = True
Crt1.RetrieveDataFiles
Crt1.Action = 1
End Sub

Sebelumnya Tambahkan kedalam Form, sebuah command, sebuah label, dan sebuah Crystal Report Control. Berikan nama Crystal Report Control dengan Crt1 Kemudian Copy-Paste Code diatas di jendela coding.

Kemudian Run program (F5), sehingga akan muncul print Preview report, pada toolbar akan terdapat beberapa button diantaranya button print (untuk langsung mencetak ke printer default), setup printer (untuk memilih printer yang digunakan untuk mencetak), Refresh button, zoom list dan sebagainya.

Untuk memilih terlebih dahulu printer sebelum mencetak, tekan button setup printer, sehingga akan muncul kotak dialog printer sebagai berikut :



Lebih mudah kan? selamat mencoba!!!


Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

4 Tanggapan

aslm.. mas mau nanya : crystl rpt yg kutampikan di vb ko' g muncul ea, da comen "unabel to open dtabse", tx b4

Wa'alaikum salam mbak frida

kemungkinan cuma setting direportny, coba mbak baca pada artikel-artikel saya sebelumnya pada link ini : http://www.vbjadul.com/2009/09/set-location-atasi-runtime-error-20533.html

Trim...banget sangat membantu

Maaf numpang nanya gan. Crystal report yg sya buat lalu datax gk bsa di cetak ke kertas dan mesin printx gk bekerja. Tu knapa ya gan.. Mnkin da yg pux solusi... Trimakasih


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut