Memilih Printer untuk mencetak Report dengan Crystal Report Control (1)

Baca Juga

Secara default Crystal Report akan "menganggap" printer yang di "set as default printer" menjadi tujuannya. Bukanlah suatu masalah jika printer yang digunakan mencetak Report hanya satu dengan tipe kertas/kebutuhan yang sama.

Tetapi akan jadi suatu masalah apabila Report yang dihasilkan ternyata membutuhkan beberapa macam printer untuk mencetak report yang memang berbeda jenisnya, misalnya untuk mencetak Slip Gaji diperlukan Printer berjenis pita dan mencetak laporan bulanan menggunakan printer yang berbeda. Akan menjadi pekerjaan yang amat membosankan apabila harus bolak-balik set printer di control panel.

Nah... saya akan berbagi code sederhana dalam Visual Basic 6.0  (-hasil pengalaman pribadi saya-) agar dapat memilih printer tujuan untuk mencetak report saat aplikasi dijalankan.



Kali ini saya menggunakan component Crystal Report Control untuk mencetak Reportnya. Tambahkan kedalam Form, sebuah command, sebuah label, dan sebuah Crystal Report Control. Berikan nama Crystal Report Control dengan Crt1 Kemudian Copy-Paste Code dibawah ini :

Private Sub Command1_Click()
On Error Resume Next
Crt1.Reset
Crt1.ReportFileName = "C:\Data\Report.rpt"
'SelectionFormula
Crt1.RetrieveDataFiles
Crt1.Destination = crptToPrinter
Label1.Caption = ""
Crt1.PrinterSelect
Label1.Caption = Crt1.PrinterName

If   Not Label1.Caption = "" Then
    Crt1.Action = 1
Else
    Exit Sub
End If
End sub



Run Program (F5), kemudian klik command1, sehingga akan muncul Form Dialog Printer,




Nah, sekarang tinggal memilih printer yang mana untuk mencetak report kita, sederhana bukan? Selamat mencoba. Bila ada yang punya jalan lain mohon untuk bisa Sharing disini, terima kasih.


Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

3 Tanggapan

siang gan, maaf mau tanya, apa ada yang harus di import terlebih dauhulu ya? kok fungsi reset dan yang lain ga bisa diakses ya mas? Imports CrystalDecisions saya nambahnya. mohon penjelasan. terimakasih

atau mungkin komponen yang digunakan berbeda? contoh diatas menggunakan komponen crystal report control mas.


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut