Object Browser, Kamus -nya Visual Basic 6.0

Baca Juga


Para pengguna Visual Basic 6.0 tentunya pernah merasakan kesulitan dalam menggunakan object / control / event dsb. Direkomendasikan untuk meng-install MSDN Library yang merupakan "gudang" bantuan untuk Visual Studio.

Tetapi karena MSDN itu besar dan berat serta bingung cara menggunakannya bagaimana, sehingga banyak pengguna VB enggan memakainya. Nah, ternyata dalam Visual Basic 6.0 sudah tersedia "kamus " yang berisi deskripsi akan suatu object.

Apabila suatu saat kita dihadapkan pada kesulitan dalam menggunakan suatu perintah (sub dari sebuah object), object browser ini dapat membantu. Untuk mulai menggunakannya, pilih menu >> view >> Object browser.



Bila kita ingin mencari fungsi / sub / perintah dalam sebuah object bisa dicari di daftar / list classes (list paling kiri, berisi : , App, CheckBox, ... dst.) atau dapat juga dengan cara mencarinya dengan memasukkan fungsi / sub / perintah kedalam kotak tepat diatas daftar classes, kemudian tekan enter.

Di kotak sebelah  list classes terdapat kotak list member of  " ... ", yang merupakan daftar dari fungsi / sub / perintah yang melekat pada suatu object.

Sedangkan pada kotak paling bawah adalah deskripsi dari  fungsi / sub / perintah  yang kita pilih dari kotak member of  " ... ".

Contoh penggunaan : 
Misalnya kita ingin memahami dari perintah Combox.Clear

Buka object browser pada daftar classes pilih ComboBox, selanjutnya pilih clear pada daftar member of ComboBox, sehingga pada kotak deskripsi akan muncul beberapa penjelasan.








Salah satunya adalah "Clears the contents of a control or the system Clipboard.", waduh kok bahasa inggris he3... kan ada google translate.  Dan artinya adalah "
Membersihkan isi kontrol atau sistem Clipboard.", maksudnya adalah mengosongkan isi dari combobox, bukan hanya textnya tetapi semua yang terdapat dalam list combobox, karena Clip Board penyimpanan pada combobox juga ikut dihapus.

Begitulah sekelumit fungsi dari Oject Browser semoga bisa memberikan sedikit pencerahan untuk yang sedang dalam kebingungan.
 



Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

7 Tanggapan

Ternyata Gue masih katrow bgt. Thax bwt info-infony ...

Sama-sama sobat, makasih atas kunjungannya jangan bosan-bosan ya, semoga info-info di site ini bisa membantu.

wow keren... makasi infonya ya mas nur...

Sama-sama mas agus, jangan bosan-bosan ya! kalau mau kirim artikel boleh kok, ke alamatku sj ntar tak publish.

Mas, saya pengen download MSDN VB 6.0 tapi gak pernah dapet. Tolong kasih tau link untuk downloadnya. kalau bisa lewat email saja.

Terimakasih

Saya juga belum pernah download apalagi install mas, lebih suka pake yang on-line saja di msdn.microsoft.com, tapi kalau misal mau nyoba download di 4Shared ada --> msdn

download software microsoft visual basic 6.0 yang full, tapi bukan yang portable di mana ya???


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut