Package Project Visual Basic 6.0 (2)

Baca Juga

Kali ini saya akan menuliskan pengalaman saya membuat package Project VB6, yaitu bagaimana cara mem-package project VB 6 yang didalamnya menggunakan Crystal Report Control sebagai salah satu componentnya.

Untuk Project yang tidak menggunakan component Crystal Report Control Anda dapat menggunakan tutorial yang sudah saya tulis sebelumnya.

Apabila Anda mencoba menggunakan tutorial tersebut untuk mem-package project yang ada Crystal Report Control-nya maka kemungkinan besar akan tidak berhasil, bahkan saya sudah mencoba dan tidak pernah berhasil, akan terjadi beberapa kemungkinan diantaranya adalah sebagai berikut :


  • Proses Package selesai tetapi tidak terdapat hasilnya, hasilnya hanya berupa folder-folder kosong saja



  • Package tidak selesai karena terjadi beberapa kesalahan, yang ditandai dengan beberapa pesan error berikut :






Nah sudah tahu masalahnya kan? Sekarang kita mulai langkah-langkahnya untuk mengatasi masalah tersebut. Sangat simple dan mudah, yuph kita hanya perlu membuat sebuah Project kosong.

Yaitu sebuah project tanpa form, module, design, class dll. Dalam Project tersebut kita tambahkan component dan reference sama seperti project dimana file exe telah kita buat kecuali component “virus” yang bikin package selalu gagal yaitu Crystal Report Control.

Atau project asli di save as dengan nama yang lain, kemudian kita remove semua form, module dll. Temasuk kita hilangkan component Crystal Report Control dari project kita.




Jangan lupa disimpan ya. Usahakan nama project palsu (baik nama file vbp dan project name –nya) sama dengan nama file exe nya untuk mempermudah dalam proses packagenya nanti (misal : nama file projectnya pembelian.vbp, project nam-nya = pembelian dan nama file exenya pembelian.exe.




Nah sampai disini sudah cukup untuk mengatasi masalah “virus” Crystal Report Control-nya. Untuk proses selanjutnya dapat Anda menggunakan artikel saya sebelumnya sebagai pedoman. INGAT! Yang digunakan adalah Project yang palsu (project kosong) ya!

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai menambahkah component Crystal Report Control saat proses package.

Kalau teliti dan hati-hati Insya Alloh berhasil. Akan tetapi ada masalah lain, dengan langkah-langkah diatas berarti component Crystal Report Control tidak terinstall, padahal component tersebut dibutuhkan oleh file exe untuk bisa berjalan dengan “normal”. Anda dapat menginstallnya dengan file msi yang saya buat bisa diunduh gratis dilink ini :
http://vbjadul.blogspot.com/2009/05/install-ocx-crystal-report-control.html


Demikian semoga bermanfaat

Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

3 Tanggapan

aduh gan ...tolong bantu ane,
masih bermasalah terus kalo buat pacakage vb yg ada crystal reportnya

ane pake crystal report 8.5.
tolong kasih solusi ya gan ...!!

Sebatas itu yang bisa saya jelaskan mas, coba di ulang lagi he he he ... memang harus berhati-hati.

Prinsipnya component Crystal Report Control harus di hilangkan dari project.

mas kan misalnya saya buat project baru tapi project ini tidak kosong setelah itu saya hapus crystal report control bisa gk tuh mas?


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut