Menyajikan Crystal Report di dalam MDI Form

Baca Juga

Lama sekali rasanya saya tidak menulis, saya mulai kembali dengan yang ringan-ringan saja ya :D

Yuph sederhana sekali tulisan saya kali ini, saya akan membagikan satu baris code untuk menampikan Crystal report agar berada di 'dalam' MDI-Form.

Apa itu MDI-Form ? Menurut saya MDI-Form atau Multiple Document Interface adalah object pada visual basic 6.0 yang dapat dipergunakan untuk menampung/memuat satu atau lebih Document (dalam hal ini dapat berupa Form dan lain-lain, termasuk crystal report tetntunya). selengkapnya silakan kunjungi rumahnya disini : https://msdn.microsoft.com/en-us/library/zkysca23%28v=vs.90%29.aspx

code menampilkan crystal report di 'dalam' MDI-Form 
silakan baca link ini terlebih dahulu : http://vbjadul.blogspot.com/2009/05/code-simple-untuk-crystal-repot-control.html
untuk menampilkannya di dalam MDI-Form, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Tambahkan MDI-Form kedalam Project VB Anda.
2. untuk dapat menambahkan Crystal report ke dalam MDI Form, tambahkan terlebih dahulu picture-box baru kemudian letakkan crystal report dalam picture-box tersebut dan beri nama crt1.

(penjelasannya silakan baca disini : http://vbjadul.blogspot.com/2009/06/pasang-control-di-mdi-form.html)
3. Tambahkan juga satu buah command
4. codenya adalah sebagai berikut :

Private Sub Command1_Click()

On Error Resume Next
with crt1
.Reset
.Destination = crptToWindow
.ReportFileName = "C:\Data\Laporanxxx.rpt"
.WindowParentHandle = MDIForm1.hwnd
.WindowState = crptMaximized
.WindowShowPrintBtn = True
.WindowShowRefreshBtn = True
.RetrieveDataFiles
.Action = 1
End with

End Sub
*) codenya adalah yang saya beri huruf tebal dan warna merah.

selamat mencoba !

contoh tampilannya :



Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut