Cara Compile Program jadi *.exe

Baca Juga



Tanpa membuka program Visual Basic 6.0 kita dapat membuka program hasil karya kita, bagaimana ya caranya… ya buat file execute dong! (file berextensi .exe/ singkatannya executable, indonesianya file untuk mengeksekusi gitu…)
Yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Startup Object (biasanya dengan splash screen)
  2. kita juga merubah hal lain dari program kita, seperti :
-         version number
-         version information
-         dan icon program kita
Semua hal diatas dapat kita temui di menu-project-nama project properties, ubah-ubah saja sesuka hati. Lalu apa gunanya ?


  1. Startup Object kita atur untuk menampilkan form yang mana dulu ketika icon program hasil execute kita nanti dibuka.
  2. Version number dan version information dapat kita lihat di properties file execute program kita (klick kanan icon program-properties) pada tab version akan muncul berbagai informasi mengenai program kita, hal tersebut berkenaan dengan hak cipta tentunya.
  3. icon program di ubah agar tidak sepert icon form/MDI-form nya VB6. jadi kita bisa berkreasi sendiri dengan icon program kita.
Nah untuk compile project kita menjadi file *.exe sangatlah mudah, dengan tinggal pilih menu-make namaproject.exe, untuk lokasi penyimpanan filenya biasanya sama dengan lokasi file projectnya, sedangkan nama dari file exe itu bisa kita ubah.
Setelah muncul Jendela Make Project bisa kita ubah nama dan lokasi penyimpanan untuk file exe kita, setelah itu pilih tombol OK. Nah selesai dech, sekarang buka windows explorer, file exe kita sudah jadi… silakan mencoba..

Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

24 Tanggapan

makasih sob infonya.

caranya gimana mengkompile jadi exe,cara diatas kurang detail maklum kan baru belajar.

Ada yang mau saya tanyakan,saya sudah mengcompile program saya. di komputer yang saya pakai untuk membuat program,file exe tsb bisa jalan/bekerja sesuai keinginan tetapi di komputer lain tidak bisa jalan/bekerja. kira2 apa masalahnya?
terimakasih sebelumnya.

waduh kok anonim semua he3... jadi gak bisa balas. mohon mencantumkan nama dan alamat yang bisa dihubungi ya sob, coz untuk permasalahan-permasalahan tertentu akan saya kirimkan jawaban via email, insya Alloh

mengenai tidak berjalannya aplikasi saat dijalankan dikomputer lain, itu karena di komputer tersebut tidak ada component (*.ocx, *.dll) yang diperlukan agar aplikasi tersebut dapat dijalankan. solusinya dengan menginstal visual basic pada komputer bersangkutan atau dapat membuat package/installan yang dapat dibaca di blog ini. terima kasih.

LINK : http://www.vbjadul.com/2009/05/package-project-vb.html

cara compile jadi exe sangatlah sederhana intinya cuma, klik menu >> file >> make namaproject.exe, dan ikuti proses selanjutnya.

ASssalammualaikum, Saya baru mulai belajar VB saya ingin buat Daftar Stock Barang, maunya seh yang sederhana saja , untuk menampilkan data masukan yang sudah diisikan trus biar bisa tampil gimana buatnya. he he he trims ya, yang sederhana, form sama codingnya atu boleh banget!!!
dibalas saja di email saya findri87@gmail.com thank you

Saya ingin bertanya mohon bantuannya ya, kasusnya sama dengan saudara anonim (3), pada saat saya make, program sukses berjalan dikomputer saya, namun saat saya coba di komputer lain tidak bisa jalan, salah satunya database ms access saya, dapat hubungi saya via e-mail : iwan_yogya@yahoo.co.id

Maaf mas saya tidak bisa bantu tanpa melihat detailnya, jika berkenan silakan kirimkan source ke saya, atau cukup file exe-nya plus databasenya, ke email saya.

Terima kasih atas kunjungannya, maaf jika sangat terlambat menanggapinya.

Salam kenal,

saya juga sama
kalau ingin di insttal di komputer lain gimana

Di Package saja, bawaannya vb6, coba baca disini : package project vb

gan,gimana neh caranya compile EXE biar font style yg kita gunain tidak berubah pada saat dijalankan di komputer lain ?? tolong jawabnya gan...

maaf, kalau itu saya tidak tahu mas. hehehe
mungkin harus install fontnya dulu di kompi lain sebelum kita mainkan programnya.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

mas nm sy Rusdi,
sy kesulitan dlm mengcompile data yg format .accde atau format .accdb menjadi format .exe..
gmn cranya mas?
tlng kss tau sy y mas,
ni email sy mas,
rusdiahmad_ubr@yahoo.com

trm ksh mas sblmny

maaf mas saya tidak bisa bantu.

Cak Nur Suhadi, cara file .compile exe VB.6 biar bisa di instal di Windows Vista dan Seven itu gimana yaa. ditya.gumilar@yahoo.co.id

pagi mas punya tutorial membuat aplikasi software program vb selain exe ada ga?

maaf mas saya tidak punya. terima kasih

ass mas,projectna dicompile pakai program ndak?

iiii bisa :D
mksii infonya :)

mas setelah jadi program exe apakah database access nya di jadikan 1 dengan file .exe nya??

Enggak mas, yang di exe cuma aplikasinya, biar database bisa ikut bikin installer saja mas.

maaf sebelummnya disini saya cuma mau menjelaskannya saja kepada teman2 bahwa Kadang-kadang selama dalam pembuatan program, Anda ingin membuat sebuah file program dalam bentuk EXE. Ada beberapa alasan untuk melakukan hal ini, yaitu: program yang di-compile sering kali lebih cepat daripada yang diinterpretasikan, pemakai program tidak perlu menginstall Visual Basic untuk menjalankan aplikasi Anda, dan Anda biasanya tidak ingin membiarkan kode program Anda diketahui oleh orang lain. Visual Basic membuat sebuah proses compile yang sederhana saja: ketika Anda yakin Aplikasi Anda sudah lengkap, Anda hanya perlu menjalankan perintah dari menu File->Make (projectname).

Dibutuhkan beberapa detik untuk membuat program Anda menjadi sebuah file EXE. File EXE ini bersifat "berdiri sendiri" dari lingkungan Visual Basic dan dapat dieksekusi dengan cara yang sama seperti aplikasi Windows lainnya, sebagai contoh, dengan menggunakan perintah dari menu Start->Run. Tapi hal ini tidak berarti Anda dapat menyerahkan file EXE ini kepada user dan berharap dapat berjalan dengan sempurna. Semua program Visual Basic, pada kenyataannya, tergantung pada sejumlah file, dan yang paling terutama adalah file yang bernama MSVBVM60.DLL, yaitu sebuah file untuk menangani run-time program Visual Basic, dan tidak dapat dieksekusi dengan baik kecuali semua file yang dibutuhkan tersebut telah ditempatkan pada direktori tujuannya.

Karena alasan itu, Anda seharusnya tidak mengasumsikan bahwa sebuah program Visual Basic akan dapat dijalankan di setiap sistem Windows karena dia dapat dijalankan di komputer Anda atau di komputer lainnya di kantor Anda. (Jika usaha Anda di bidang pengembangan software, kemungkinan di setiap komputer di perusahaan Anda telah terinstall Visual Basic). Oleh karenanya, siapkan suatu standar instalasi dengan menggunakan Package and Deployment Wizard, dan coba jalankan aplikasi Anda pada suatu sistem yang masih "bersih", dalam arti di komputer tersebut belum ada terinstall aplikasi atau program apapun. Jika Anda mengembangkan software secara profesional, Anda seharusnya selalu mempunyai suatu komputer dengan sistem yang masih "bersih" tadi, jika memungkinkan, hanya sistem operasi saja yang terinstall di komputer tersebut. Jika Anda seorang pembuat software yang berdiri sendiri, Anda mungkin tidak mampu untuk membeli sistem operasi untuk mencoba aplikasi Anda. Hal yang paling gampang dan relatif tidak mahal untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan removable hardisk, sehingga dapat dengan mudah dicoba pada konfigurasi sistem yang berbeda.


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut