Cepat dan cermat pasang control di form vb6

Baca Juga


Bosen ya ketika harus memasang control di form, apalagi kalau banyak dan serupa alias sama formatnya, makan waktu juga ketika kita mengubah settingan propertiesnya, cape deyh. Saya punya sedikit trik untuk menyingkat waktu kita dalam mendesain form. baca sampai tuntas ya!

1.      Pakai copy-paste
Pertama letakkan satu control pada form misalnya sebuah textbox, kemudian atur propertiesnya mulai dari Backcolor, Forecolor, Font, Height, Text, Width dll.
Setelah itu click kanan textbox yang telah diatur propertiesnya tadi dan pilih copy (atau pilih Ctrl + C) dan click kanan pada form kemudian pilih paste (Ctrl + V)
Nah kemudian akan muncul komentar :

Pilih ‘No’ saja *)
Nah jadi dech, tinggal kita drag (diseret) sesuai posisi yang kita inginkan, jadi hemat kan waktunya ???
2.      Pakai multi select dan menyamakan properties
Bagi yang tidak suka copy paste, pakai multi select saja. Caranya : tekan tombol shift atau tombol ctrl pada keyboard kemudian click control mana saja yang akan disamakan propertiesnya, setelah itu mulai dech atur propertiesnya sesuai keinginan.
Nah keuntungan pakai multiselect ini adalah kita bias mengedit dua control berbeda dalam waktu bersamaan, misalnya kita bisa menyamakan Font pada TextBox dan Label. Sangat menghemat waktu bukan ?

Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut